PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Assalamualaikum Wr. Wb


                Pada era sekarang ini hampir seluruh masyarakat luas sudah mengenal yang namanya ‘Teknologi’ terlebih dengan adanya teknologi ini, banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan lebih mudah dan efektif hanya dengan bantuan gadget atau alat canggih lainnya. Misalnya saja handphone, mungkin pada beberapa puluh tahun yang lalu handphone ini hanya memiliki beberapa fitur sederhana seperti telepon, sms, game, alarm dan tentunya dengan tampilan yang sangat sederhana dan harganya pun masih cukup terjangkau. Namun kini, handphone sudah bertransformasi menjadi barang yang bahkan sangat penting untuk dibawa kemana pun kita akan pergi, karena fitur handphone sekarang yang sudah lebih canggih. Selain handphone banyak juga barang elektronik lainnya yang semakin tahun akan semakin canggih dari segi fungsi dan tampilannya.
            Namun seiring berkembangnya era teknologi, hal ini juga berbanding lurus dengan dampak negatifnya di berbagai hal. Sekarang kita bahkan sering melihat anak-anak yang sudah kecanduan game baik pada handphone maupun PC atau alat elektronik lainnya. Jika hal ini terus dibiarkan tentu saja akan menimbulkan dampak negatif kedepannya terutama bagi si anak itu sendiri. Handphone atau alat elektronik lainnya tentu saja memiliki radiasi yang akan berbahaya jika terus digunakan dan si pengguna akan terpapar bahaya dari radiasi barang-barang elektronik tersebut. Radiasi itu sendiri bisa terjadi karena dalam pemanfaatan handphone, handphone ini menggunakan gelombang elektromagnetik. Sebenarnya gelombang ini sendiri tidak berbahaya apabila digunakan secara bijak, namun jika penggunaanya sudah berlebihan dan diluar batas kewajaran tentu akan berdampak buruk karena pada dasarnya ‘sesuatu yang berlebihan akan berakibat tidak baik’ dampak tidak baik atau buruk itu salah satunya adalah sakit kepala, mudah lelah, bahkan bisa menyebabkan tumor dan kanker.
            Maka dari itu kita perlu menyikapi adanya perkembangan teknologi yang terjadi di era modern sekarang ini. Peran orang tua sangat diharapkan dalam mengawasi penggunaan alat elektronik anak-anaknya, orang tua pun harus memberi contoh yang baik kepada anak-anaknya. Jangan sampai orang tua juga kecanduan gadget karena lebih mementingkan bisnis dan lain lain sehingga kemajuan teknologi yang sejatinya bisa mempermudah pekerjaan justru akan menjadi boomerang dan membuat kita merugi.
            Sekian tulisan yang dapat saya buat semoga bermanfaat dan para pembaca nantinya bisa menyadari bahaya perkembangan teknologi, bukan hanya sekedar menggunakan tetapi tidak tahu akan dampak negatif kedepannya.


Wasalamualaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan Populer