JURUSAN ILMU KOMUNIKASI


Program studi ilmu komunikasi (ikom) Universitas Muhammadiyah Malang berdiri pada tahun 1986 dan hingga saat ini masih mempertahankan status akreditasi A. Program studi atau yang lebih sering disebut prodi ini disiapkan untuk menjadi jurusan yang mampu mempunyai daya saing dalam pengembangan keilmuan dan keterampilan di bidang komunikasi berdasarkan nilai-nilai Islami.
                Untuk menunjang profesionalisme, prodi ikom memiliki 3 konsentrasi akademik, yaitu public relation (PR), jurnalistik, dan komunikasi audio visual (AV). Terkait pembelajaran, prodi ini menggunakan kurikulum berbasis media literacy dengan integrasi sistem pembelajaran, pengabdian masyarakat dan penelitian berbasis media literacy yang bermuat nilai Islam.
                Prodi ikom menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi laboratorium ruang produksi, siaran TV, studio recording, mini theatre, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer multimedia, dan desain grafis. Fasilitas-fasilitas tersebut tidak hanya dimanfaatkan sebagai media praktikum tetapi juga sebagai wadah pengembangan bakat dan minat mahasiswa yang tergabung di berbagai klub peminatan. Berbagai prestasi pun sering diraih para mahasiswa Ikom UMM diantaranya prestasi bidang penulisan, peliputan, PR, film, serta pengelolaan event, baik tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Karya-karya mahasiswa Ikom pun banyak dan berupa buku, majalah, media online, film menarik minat berbagai kalangan, dan termasuk industri dan para peneliti.

                Demi memperkuat kemitraan dalam bidang akademik, prodi ikom UMM telah bekerja sama dengan Australian Consortium for in Country Indonesian Studies (ACICIS) sebagai konsorsium yang meliputi 20 universitas terkemuka di Australia, Erasmus Mundus meliputi 26 kampus Eropa dan Asia, serta Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universitas Malaya (UM) di Malaysia. Kerja sama yang dilakukan berupa pertukaran pelajar (student exchange) ataupun dosen serta riset dan pengembangan akademik. Lulusan Ikom UMM banyak terserap di institusi media massa, stasiun TV, radio, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainnya.

Komentar

Postingan Populer