Masjid AR-FACHRUDDIN Universitas Muhammadiyah Malang

Assalamualaikum Wr. Wb

Perkenalkan saya Amita Verayanti akan mendeskripsikan  sedikit mengenai masjid Ar-Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang.  Masjid AR. Fachruddin dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie (Presiden RI ke 3) pada tahun 1998. Lokasi masjid  berada di  tepi jalan raya tlogomasdan masih satu ruang lingkup lingkungan dengan Universitas Muhammadiyah Malang.  Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.
Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan untuk tempat peribadatan dan selain itu juga untuk perkuliahan dan perkantoran. Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk bank BNI, perkantoran, kantin, Kopkar, ATM, loket pembayaran spp bagi para mahasiswa, laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi.
Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat menarik dan terlihat megah, walaupun hanya berlapis cat berwarna putih. Namun warna putih itu sendiri mengandung makna yang dalam yaitu suci, sama seperti lambang negara kita sendiri, Sangsaka Merah Putih.  
MASJID AR-FACHRUDDIN
Demikianlah penjelasan singkat saya mengenai Masjid Ar-Fachrudin UMM.


Wasalamualaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan Populer