UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG


Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu Universitas favorit bagi para lulusan SMA/SMK sederajat baik di Jawa maupun diluar pulau Jawa. Sebelum menjadi universitas favorit, UMM memiliki sejarah panjang. Awalnya, berdirinya UMM merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta . Pada akhirnya,  pada tanggal 1 Juli 1968 UMM resmi menjadi Universitas yang berdiri sendiri dan terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Universitas Muhammadiyah Malang atau yang sering disebut UMM ini merupakan Universitas swasta terbesar yang ada di Jawa Timur. Walaupun berstatus swasta namun UMM tidak kahal saing dalam bidang pendidikan dan keseriusan menciptakan lulusan yang handal dan berkualitas. Hal ini diperkuat dengan status akreditasi Universitas Muhammadiyah Malang yang telah terakreditasi "A" dengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.
Universitas Muhammadiyah Malang sendiri memiliki 3 bangunan kampus yang digunakan sebagai gedung kuliah dan memiliki lokasi strategis yang berbeda beda. Kampus I UMM terlatak di Jl. Bandung No.1, Penanggungan, Klojen, Malang, Jawa Timur. Dikampus I merupakan gedung kuliah bagi program pascasarjana dan magister. Sedangkan kampus II UMM terletak di Jl. Bendungan Sutami 188a. Berbeda dengan kampus I, di kampus II ini merupakan gedung kuliah bagi mahasiswa fakultas kesehatan dan kedokteran. Dan kampus terpadu UMM adalah di kampus III yang beralamat di Jl. Raya Tlogomas no. 246. Di kampus III ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa dengan program S1 kecuali FIKES dan FK.
Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 12 fakultas dengan total 44 program studi. Sebelum terdapat fakultas dengan prodi sebanyak itu, pada awalnya UMM hanya mempunyai 3 fakultas yaitu :
1.       Fakultas ekonomi
2.       Fakultas hukum
3.       Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan jurusan pendidikan agama

Ke 3 fakultas ini mendapat status terdaftar dari departemen pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1966 dengan surat keputusan nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.

ü  JAS MERAH KAMPUS PUTIH
Kampus UMM dikenal dengan sebutan Kampus putih, sedangkan mahasiswanya disebut sebagai generasi baru jas merah. Sehingga jika digabungakan menjadi ‘Generasi Baru Jas Merah Kampus Putih’. Kebanggan menjadi mahasiswa UMM terlihat dari kepercayaan diri mereka dalam berkiprah di berbagai forum. Mereka bangga dengan kampusnya yang elok dan penuh prestasi.
ü  SISTEM PENDIDIKAN
Sistem pendidikan di UMM mengikuti standar pendidikan di Kementrian Ristek dan Pendidikan Tinggi RI untuk prodi umum dan Kementrian Agama RI untuk prodi Agama Islam. Standar tersebut diterapkan baik dalam menyusun kurikulum, akreditasi, maupun penyelenggaraan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Layanan akademik di UMM menggunakan sistem aplikasi Web Bassed. Sistem berbasis web ini dapat langsung diakses melalui internet dengan menu yang mudah dipahami oleh pemakai (user), mempercepat layanan, mempercepat pencarian data, dan mempermudah pelaporan dengan keamanan yang terjamin dan sangat fleksibel. 
ü  PERPUSTAKAAN
Perpustakaan merupakan jantung sebuah PT. UMM menyediakan 4 perpustakaan di tingkat Universitas yang berada di kampus I,II,III serta di masjid AR-FACHRUDDIN. Di masing masing fakultas dan program studi juga terdapat perpustakaan yang dihubungkan dengan jaringan internet yang terintegrasi dengan satu database sehingga antar perpustakaan dapat memberikan informasi secara realtime dan akurat.
ü  MAHASISWA, DOSEN, STAF TEKNIS
Saat ini UMM mendidik ribuan mahasiswa berasal dari penjuru tanah air dan mancanegara. Tentunya para mahasiswa ini memiliki latar belakang suku, ras, agama yang berbeda beda. Sebagai kampus terunggul, UMM terus berkomitmen mengembangkan kualitas dan kuantitas staf pengajarnya. Saat ini UMM mempunyai staf pengajar 798 dosen dengan kualifikasi akademik 97,5% lulusan S2, S3 dan Guru Besar (Proffesor).
ü  PROFIT CENTER

Sejak 2004, UMM mengembangkan profit center dengan membangun beberapa unit bisnis, seperti hotel pendidikan UMM INN, UMM bookstore, gedung pertunjukan UMM DOME, bengkel yamaha UMM, rumah sakit UMM, SPBU, asrama mahasiswa rusunawa Sang Surya. Profit center UMM memiliki benefit yang berdampak bagi mahasisw, antara lain dijadikan sebagai laboratorium lapangan sekaligus menjadi icon membangun entrepreneurship serta mengurangi ketergantungan income dari mahasiswa.

Komentar

Postingan Populer